Mencicipi Manisnya Ayam Goreng Rasa Lemon dengan Saus Karamel

Senin, 11 September 2017 - 07:20 WIB
Mencicipi Manisnya Ayam Goreng Rasa Lemon dengan Saus Karamel
Mencicipi Manisnya Ayam Goreng Rasa Lemon dengan Saus Karamel
A A A
JAKARTA - Menyiapkan makanan untuk santap siang tentu dibutuhkan hidangan yang lezat dan cepat dalam membuatnya. Meski begitu, variasi dalam membuat masakan juga diperlukan agar anggota keluarga Anda tidak bosan dan tetap bersemangat dalam saat makan siang.

Salah satu menu yang dapat Anda hidangkan adalah Ayam Goreng Rasa Lemon dengan Saus Karamel mudah dalam membuatnya dan tanpa perlu menyita waktu Anda. Penasaran seperti apa cara membuatnya? Yuk, intip resep dari Taste.com.au berikut ini!

Bahan-bahan:
1sdm minyak goreng
4 fillet paha ayam besar
2bh bawang putih yang telah diiris tipis
1bh serai yang hanya diambil bagian putih
1bh cabe merah panjang, diiris tipis,
2sdm gula merah
1sdm kecap manis
1sdm kecap ikan
1sdm air jeruk nipis yang telah diperas
1sdm sawi cina yang telah dikukus atau direbus
ketumbar secukupnya.

Cara membuatnya:
Panaskan minyak dalam wajan berukuran besar dengan api sedang, goreng paha ayam yang difillet selama lima menit dengan dibalik secara pelan-pelan atau sampai ayam terlihat matang dengan warna kecoklatan. Setelah ayam matang taruh di piring dengan ditutup bagian atasnya agar ayam yang di goreng masih tetap hangat.

Kembali siapkan panci dan air secukupnya dengan api sedang. Lalu tambahkan bawang putih, serai dan cabe ke panci. Masak, aduk, selama 2 menit atau sampai harum.

Untuk membuat saus karamelnya dengan memasukkan gula, kecap manis, kecap ikan, air jeruk nipis dan 1sdm air. Lalu gabungkan bumbu serai yang telah dimasak bersamaan dengan saus karamel yang telah matang. Aduk agar semua bahan tercampur hingga bahan-bahan telah matang.

Masukkan ayam kedalam panci yang sudah diracik bumbu yang telah dibuat. Tutup panci selama lima menit agar bumbu meresap kedalam ayam . Atau sampai ayam matang dan saus sedikit mengental.

Sajikan ayam dan saus dengan jumlah sawi cina lalu taburi dengan ketumbar dan cabe besar yang telah direbus sebagai hiasan. Ayam Goreng rasa Lemon dengan Saus Karamel pun siap jadi santapan siang keluarga.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8890 seconds (0.1#10.140)